Langsung ke konten utama

TANGGUNG JAWAB


“ Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku dan perbuatannya baik disengaja maupun yang tidak disengaja”

1. Bentuk / Implementasi saya dari :    

a. Tanggung jawab terhadap Diri Sendiri :
Ketika saya berstatus menjadi seorang Mahasiswa yaitu Bertanggung jawab sebagai mahasiswa untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya agar ilmu yang didapat bermanfaat bagi masyarakat, keluarga, dan diri sendiri.

b. Tanggung jawab terhadap Keluarga :
Ketika saya berstatus menjadi seorang anak yaitu Membantu orang tua dan saudara dan menjaga nama baik keluarga dengan menjaga perilaku dan norma yang berlaku ketika terjun di dunia masyarakat. Yang kedua, berperilaku sopan dan santun.

c. Tanggung jawab terhadap Masyarakat :
Melakukan komunikasi terhadap masyarakat yang lainnya untuk menjaga tali silaturahmi antar sesama teman dan masyarakat, dan membantu tetangga atau masyarakat sekitar ketika membutuhkan pertolongan.

d. Tanggung jawab terhadap Bangsa & Negara :
Wajib mematuhi hukum dan tata tertib  berbangsa dan bernegara yang berlaku di Indonesia, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, mencintai produk dalam negeri, dan ikut serta melestarikan keanekaragaman budaya Indonesia.

e. Tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa :
Tidak pernah putus beribadah dan berdoa kepada Allah sebagai tanda bersyukur kepada Allah atas rezeki, kenikmatan, keberkahan yang diberikan-NYA.

2. Jika anda seorang yang bertanggungjawab terhadap sebuah jabatan misalnya sebagai ketua kelas, apa yang akan anda lakukan jika diberikan tugas-tugas?

Saya akan menjalankan amanah dari guru/dosen atau siapapun jabatan yang ada di atas saya agar teman-teman sekelas saya menjadi tertib dan taat terhadap norma-norma di kelas serta ikut menjalankan amanah dari guru/dosen seperti saya.


Komentar