Langsung ke konten utama

KEBUDAYAAN


Budaya Timur
Budaya Timur ialah budaya yang mengutamakan unsur-unsur budaya yang nilainya memiliki keunikan tersendiri dalam hal adatnya, kesopanan tata budayanya serta kewibawaan dalam berekspresi bagi individu itu sendiri ataupun kelompok suatu masyarakatnya. Budaya timur identik dengan budaya yang berkepribadian baik yaitu menjunjung tinggi kesopanan, peduli terhadap orang lain memiliki jiwa tolong-menolong dan toleransi yang tinggi. Serta masyarakatnya yang lebih religius dan mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat.

7 Unsur Kebudayaan menurut .C. Kluckhohn
1.      Sistem Bahasa
Bahasa juga memengang peran sebagai identitas dari suatu suku bangsa. Dengan hanya mengetahui suatu kata dalam bahasa, dapat ditentukan asal suku bangsa seseorang.

2.      Sistem Kekerabatan dan Organisasi
Sistem kekerabatan yang dimaksud adalah hubungan seorang individu dengan individu lainnya berdasarkan aspek hubungan darah atau kekeluargaan. Anggotanya mulai dari Kakek-Nenek, Ayah - Ibu, Anak dan cucu serta cici.

Sedangkan organisasi sosial adalah berbagai lembaga  masyarakat yang dibentuk untuk mengurus kepentingan bersama. Dalam masyarakat tradisional bentuknya belum berbadan hukum. Tetapi dalam masyarakat modern lembaga sosial berbentuk badan hukum dan dilindungi oleh peraturan perudang-undangan.

3.      Sistem Ekonomi dan Mata Pencaharian
Penelitian etnografi mengenai sistem mata pencaharian mengkaji bagaimana cara mata pencaharian suatu kelompok masyarakat atau sistem perekonomian mereka untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

4.      Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan adalah salah satu hasil kebudayaan manusia. Ia lahir dari kerja keras manusia yang tidak pernah puas untuk mengetahui sesuatu. Manusia yang penasaran akan beragam gejala dan fenomena terus bertanya mengapa, yang pada akhirnya memperoleh jawaban.

Kesenian
Kesenian adalah cara manusia mengekspresikan perasaannya dengan mengutamakan nilai-nilai keindahan. Produk kesenian itu sendiri bisa dinikmati dengan panca indra mata dan telinga atau bahkan dengan hati.


6.      Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi
Peralatan teknologi tentu saja tidak berkaitan dengan kampak dan sensor saja. Peralatan hidup dan teknologi memiliki bergam bentuk dan jenisnya. Tergantung dari kebutuhan manusia itu sendiri. Kini kebutuhan manusia yang beragam telah memciptakan peralatan dan teknologi yang beragam pula.

7.      Sistem Kepercayaan dan Agama
Manusia memiliki aspek spritual dalam kehidupannya. Manusia percaya dan meyakini sesuatu yang lebih tinggi dari alam semesta. Yang tertinggi inilah yang mengatur segalah sesuatu.

Bentuk dan jenis kepercayaan dimuka bumi ini sangat banyak. Apa lagi variasi-variasi yang ada didalam sebuah agama yang mucul akibat perbedaan penafsiran terhadap sang pencipta.



Id, Ego, dan, Superego
Id
adalah satu-satunya komponen kepribadian yang hadir sejak lahir. Aspek kepribadian sepenuhnya sadar dan termasuk dari perilaku naluriah dan primitif. Menurut Freud, id adalah sumber segala energi psikis, sehingga komponen utama kepribadian.
Ego
Ego adalah komponen kepribadian yang bertanggung jawab untuk menangani dengan realitas. Menurut Freud, ego berkembang dari id dan memastikan bahwa dorongan dari id dapat dinyatakan dalam cara yang dapat diterima di dunia nyata. Fungsi ego baik di pikiran sadar, prasadar, dan tidak sadar.
Superego
Komponen terakhir untuk mengembangkan kepribadian adalah superego. superego adalah aspek kepribadian yang menampung semua standar internalisasi moral dan cita-cita yang kita peroleh dari kedua orang tua dan masyarakat – kami rasa benar dan salah. Superego memberikan pedoman untuk membuat penilaian.

Aplikasi ke kehidupan
  • Ketika kita mengadakan pentas seni menggunakan pakaian yang sopan, rapi dan menutup aurat, mengucapkan salam, mematuhi norma-norma di masyarakat, ketika ada orang yang kesulitan saling tolong-menolong dengan ramah dan bersahabat.
  • Beberapa suku-suku yang ada di Indonesia masih tetap mempertahankan adat istiadat daerahnya masing-masing dari segi budaya pernikahan, pemakaman, kepercayaan, bahasa, sistem peralatan hidup dan sebagainya yang masih sangat sederhana. Seperti suku toraja yang pada saat ada seseorang yang telah meninggal masih dianggap orang itu ada dan diberlakukan layaknya orang yang masih hidup dengan memberinya pakaian bahkan mengajak berbicara. Beda dengan masyarakat yang tinggal di kota yang memilii ada istiadat lebih modern contohnya dari teknologi memproduksi beras yang kini telah memakai mesin sebagai pengolahnya.
  • Id    
    Seseorang memiliki hobby kesukaan yaitu membaca buku-buku ilmiah.

    Ego
    ketika hati kecil seseorang berkata dari hobby membaca buku-buku ilmiah ini seseorang bertanya- Tanya apakah dapat cocok menjadi seorang ilmuwan atau tidak.

    Superego
    Seseorang itu telah menjadi seorang ilmuwan karena salah satunya sering membaca buku-buku ilmiah.








    Referensi :

    mbahkarno.blogspot.co.id/2013/09/unsur-unsur-kebudayaan-beserta.html – “Unsur-Unsur Kebudayaan beserta Penjelasannya” - Senin, September 23, 2013

    begitusudah.blogspot.co.id/2015/05/7-unsur-kebudayaan-menurut-clyde.html

    belajarpsikologi.com/struktur-kepribadian-id-ego-dan-superego-sigmund-freud – “Struktur Kepribadian Id, Ego dan Superego Sigmund Freud” - October 31, 2010


























Komentar