Langsung ke konten utama

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB



Hubungan Manusia dan Tanggung Jawab

Pada dasarnya, manusia memiliki salah satu sifat yaitu tanggung jawab. Namun, bagaimana cara kita menumbuhkan sifat tersebut yaitu dengan cara melatih diri kita dari suatu hal yang kecil untuk menumbuhkan sifat tanggung jawab itu. Hubungan manusia dan tanggung jawab disini yaitu, suatu cara bagaimana kita menumbuhkan sikap mandiri, toleransi, dan mampu memecahkan suatu masalah yang secara tiba-tiba menghampiri terhadap diri kita sendiri dalam hal yang kecil hingga ke hal yang besar untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan serta untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Yang saya lakukan sehubungan dengan :       
  • Tanggung jawab saya terhadap Diri Sendiri :

Bertanggung jawab sebagai mahasiswa untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya agar ilmu yang didapat bermanfaat bagi masyarakat, keluarga, dan diri sendiri.

  • Tanggung jawab saya terhadap Keluarga :

Membantu orang tua dan saudara dan menjaga nama baik keluarga dengan menjaga perilaku dan norma yang berlaku ketika terjun di dunia masyarakat. Yang kedua, berperilaku sopan dan santun.

  •  Tanggung jawab terhadap Masyarakat :

Melakukan komunikasi terhadap masyarakat yang lainnya untuk menjaga tali silaturahmi antar sesama teman dan masyarakat, dan membantu tetangga atau masyarakat sekitar ketika membutuhkan pertolongan.

  •  Tanggung jawab terhadap Negara :

Wajib mematuhi hukum dan tata tertib  berbangsa dan bernegara yang berlaku di Indonesia, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, mencintai produk dalam negeri, dan ikut serta melestarikan keanekaragaman budaya Indonesia.
  •  Tanggung jawab terhadap Tuhan :

Tidak pernah putus beribadah dan berdoa kepada Allah sebagai tanda bersyukur kepada Allah atas rezeki, kenikmatan, keberkahan yang diberikan-NYA.



Aplikasi ke kehidupan :

Sebagai contoh, manusia yang bertanggung jawab seseorang akan berusaha memecahkan masalah untuk menghasilkan suatu tujuan ketika memiliki masalah dalam bidang ekonomi, politik, sosial dan sebagainya, dan patuh terhadap aturan/norma di lingkungan keluarga misalnya menjaga nama baik keluarga, di masyarakat misalkan saling tolong-menolong ketika ada yang membutuhkan pertolongan terhadap kita, dan di Negara misalkan mencintai produk dalam negeri sebagai tanda kita menghargai hasil karya dalam negeri.





Komentar